Pages

Selasa, 21 Mei 2013

CARA MUDAH MENJAGA KESEHATAN RAMBUT


CARA MUDAH MENJAGA KESEHATAN RAMBUT


Rambut adalah mahkota yang telah diberikan Allah kepada semua hambanya. Kita harus menjaga seluruh pemberian yang Allah berikan kepada kita, termasuk rambut kita. Antara lain dengan menjaga kesehatan rambut. Pada dasarnya kesehatan rambut meliputi menghilangkan ketombe, mencegah rontok dan menyuburkan sangat tergantung pada kerajinan kita menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut serta pemenuhan gizi yang dibutuhkan rambut.
Ini beberapa cara menjaga kesehatan rambut. Antara lain :
1.      Menghilangkan ketombe :
Ada dua resep, yaitu :
·         Resep 1 :
Oleskan air perasan 1-2 jeruk nipis ke seluruh kulit kepala. Biarkan 20-30 menit, lalu keramas dan lakukan secara teratur.
·         Resep 2 :
2-3 mengkudu mtang dilumat, beri air, peras, air perasannya untuk keramas. Tunggu 5 menit, bilas dengan air. Gunakan shampo untuk menghilangkan baunya.
2.      Menghitamkan alis :
Kemiri disangrai sampai kering, lalu tumbuk halus, bri sedikit air dan oleskan pada alis. Bila masih ada sisa ramuan simpan saja untuk digunakan hari berikutnya.
3.      Menghitamkan rambut :
Ada dua resep yang bisa dicoba, yaitu :
·         Resep 1 :
Daun pandan wangi sebanyak 7 lembar dicuci bersih lalu potong-potong. Rebus dengan 1 liter air sampai warna air manjadi hijau. Biarkan ai rebusan tadi semalam. Setelah semalam, campurkan air rebusan tadi dengan air perasan 3 buah mengkudu masak. Air campuran tadi gunakan untuk mencuci rambut. Lakukan 3 kali seminggu.
·         Resep 2 :
1 genggam biji pepaya tua disangrai sampai kering, tumbuk hingga halus. Beri air lalu oleskan kekulit kepala dan seluruh rambut sampai merata sambil dipijat-pijat. Biarkan sampai kering lalu keramas.
4.      Mengatasi rambut merah dan bercabang :
Daun kangkung yang baru dipetik dan masih segar, dicuci lalu dipotong-potong. Masukkan kedalam panci, tambahkan air hingga kangkung terendam semua. Rebus sampai mendidih. Tunggu hingga air rebusan menjadi dingin. Setelah dingin gunakan air tersebut untuk membasahi kulit kepala yang telah dicuci air bersih sebelumnya. Lakukan 3 kali seminggu.




5.      Mengatasi rambut rontok :
Untuk mengatasi rambut rontok ada 2 resep, ayitu :
·         Resep 1 :
Daun mangkoan tua yang masih segar secukupnya, dicuci bersih lalu digiling halus. Tmabahkan minyak kelapa sabil diaduk sampai tercampur rata seperti bubur. Kemudian saring dan peras. Hasil perasan tadi gunakan untuk dioleskan kekulit kepela sambil dipijat ringan, tunggu sampai mengering. Lalu rambut dicuci bersih. Lakukan setiap hari.
·         Resep 2 :
Jeruk nipis dcuci, lalu iris menjadi 3-4 bagian. Oleskan airnya pada kulit kepala hingga merata, bungkus kepala dengan handuk selama semalam. Keesokan harinya rambut dicuci atau keramas. Lakukan 3 kali dalam seminggu.
6.      Menyuburkan rambut :
Ada 2 opsi resep yang bisa dicoba, yaitu
·         Resep 1 :
Lidah buaya dicuci, lalu dikupas. Lendirnya digosokkan kekulit kepala yang telah dikeramasi pada sore hari. Bungkus dengan kain selama semalam. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.
·         Resep 2 :
Pohon pisang yang sudah ditebang, buat lubang dibonggolnya. Setelah dibiarkan semalam akan terkumpul sejumlah air dibonggol tersebut. Gunakan air tersebut untuk keramas tanpa shampo sambil dipijat-pijat.
7.      Mengatasi uban sebelum waktunya :
·         Resep 1 :
Sangria 30 biji pepaya, tumbuk halus, tambahkan 1 sendok minyak kelapa, lalu gosokkan kekulit kepala yang beruban.
·         Resep 2 :
Daging kelapa hijau diparut, peras santannya, beri garam dan biarkan semalam. Esoknya gunakan untuk keramas.

Semoga resep-resep diatas dapat membuat rambut anda tampak lebih sehat dan cantik. Tapi jangan menyalahkan saya apabila resep tersebut tidak ampuh, karena semua itu datangnya dari Allah, kita hanya bisa berusaha saja. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar