Pages

Minggu, 28 April 2013

TAHAPAN PASCA EMBRIONIK PADA MANUSIA


TAHAPAN PASCA EMBRIONIK PADA MANUSIA

1. MASA BALITA

Usia 0-1 tahun
Bayi masih sangat tergantung pada ibunya. Bayi suka memasukkan jarinya kedalam mulut. Bayi sudah bisa duduk, merangkak, bahakan ada yang sudah berdiri. Pada usia 6 bulan, gigi pertama mulai tumbuh. Dia sudah bias berdiri rata-rata pada usia 1 tahun
Usia 2-3 tahun
Dia sudah lebih lancer berbicara, mulai menghitung, sudah bias menggambar bentuk-bentuk sederhana.
Usia 4-5 tahun
Sudah muai bermain dengan teman sebayanya, dan ada yang sudah masuk taman kanak-kanak.


2. MASA ANAK–ANAK

Pada masa ini anak-anak mulai masuk sekolah. Sekolah adalah lembaga yang paling penting yang melayani anak-anak. Anak-anaksudah mulai mengenal kelompok seni, olahraga, pramuka, dan kelompok keagamaan. Mereka mulai merefleksi persahabatan, kepedulian, tanggung jawab terhadap orang lain. Kadang-kadang juga membuat orang tua cemas, anak-anak terpengaruh dengan tingkah laku dari anak lain yang mempunyai tata nilai sopan santun yang berbeda. Anak-anak mempunyai rasa ingin tah yang tinggi untuk mempelajari dunia tempat tinggal mereka. Pada saat ini mereka membutuhkan guru dan orang tua. Pertumbuhan tubuh terjadi sangat cepat pada masa ini. Demikian pula dengan pertumbuhan sel otaknya.


3. MASA REMAJA (PUBERTAS)

Masa remaja atau pubertas adalah masa yang paling penting, karena pada masa ini manusia mengalami perkembangan yang luar biasa. Pada masa inilah semua organ tubuh dan kelenjar hormone berfungsi dengan sempurna. Masa remaja berkisar usia 13-20 tahun tergantung dari kondisi dan lingkungan anak tersebut dibesarkan. Perempuan yang mengalami pubertas biasanya terlihat dari perubahan fisik seperti pinggul dan payudara membesar, munculnya bulu-bulu halus pada daerah kewanitaan dan berkembangnya alat-alat reproduksi bagian luar dan dalam. Pada masa menstruasi ovarium perempuan mulai aktif menghasilkan ovum (sel telur) dimana proses pembentukannya dikendalikan oleh hormone kelamin. Menstruasi dikendalikan oleh hormon estrogen dan progesterone, berlangsung rutin biasanya setiap 28 hari sekali. Menarkhie adalah masa pertama kali wanita mengalami menstruasi. Pada laki-laki ditandai dengan perubahan fisik seperti dada menjadi bidang, tumbuh bulu halus di bawah hidung dan sekitar kemaluan, juga terjadi perubahan suara. Tanda yang paling penting adalah alat reproduksi dan kelenjar hormone telah berfungsi sempurna, sehingga bisa menghasilkan sperma (sel kelamin jantan).
           
4. MASA DEWASA

Pada usia ini, pertumbuhan sudah melambat, bahkan sudah berhenti. Tetapi sudah mampu berpikir rasional, penalaran dan logikanya sudah digunakan dengan baik. Sehingga ini dikenal juga sebagai masa produktif.semua organ tubuh mampu bekerja dengan baik sampai usia 40 tahun. Menurut Dr. Jonathan (USA) untuk menjaga kesehatan, maka harus mengikuti konsep WELLNESS, yaitu:

W = Water (air)
Air yang dikonsumsi harus air sehat, baik secara fisik, biologis, maupun kimia. Jumlah air yang diminum minimal 8 gelas per hari untuk setiap orang.

E = Environment (Lingkungan)
Lingkungan yang berpolusi mengakibatkan kesehatan menurun, baik polusi udara, air maupun tanah, sehingga menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi polusi bias mendukung kesehatan.

L = Laughter (tertawa)
Selalu merasa bahagia, selalu tersenyum kepada setiap orang dan selalu berpikir positif kepada setiap orang dan setiap kejadian yang menimpa kita.

L = Life Drugs Free (terbebas dari obat-obatan)
Menghindari obat-obatan terlarang yang termasuk narkoba bias lebih meningkatkan kesehatan tubuh seseorang.

N = Nutrition (nutrisi)
Nutrisi dan zat makanan juga sangat berpengaruh untuk menjaga stamina dan kesehatan.gunakan bahan makanan yang alami dan diolah dengan cara yang benar supaya kandungan gizinya tidak terbuang.

E = Exercise (olaharaga)
Olahraga bagi tubuh minimal harus dilakukan dua kali dalam seminggu selama 30 menit.

S = Sleep (tidur)
Tubuh perlu istirahat yang berkualitas, yang paling ideal 6-8 jam tidur dalam sehari.

S = Spiritual Value & Social Support (nilai-nilai spiritual dan dukungan social)
Manusia harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual di mana pun berada dan kapan pun serta memberikan dukungan social bagi masyarakat dan orang-orang di sekitarnya sehingga terjadi keseimbangan.

Untuk wanita pada usia sekitar 50-60 tahun mengalami masa menopause yaitu sudah tidak mengalami menstruasi, karena beberapa kelenjar hormon sudah tidak berfungsi lagi.

            5. MASA MANULA

Masa manula yaitu manusia yang sudah berusia lanjut. Banyak jaringan tubuh yang mengalami penurunan fungsi. Yaitu terjadinya osteoporosis, penafasan menurun, pembuluh darah berkurang elastisitasnya, reaksi menjadi lamban dan daya tahan tubuh terhadap penyakit merosot.

0 komentar:

Posting Komentar